Press "Enter" to skip to content

Lagu Hujan: 6 Lagu yang Menghangatkan Kala Hujan

Musim kerap menjadi inspirasi para penyair, lyricist, pemusik. Di negeri yang hanya memiliki dua musim, yaitu musim penghujan dan kemarau. Suasana hujan yang dingin-dingin basah, bikin kita bergelung mencari kehangatan selimut, secangkir minuman hangat atau lengan seseorang. Memandangi hujan membuat pikiran ngelangut. Jika di luar negeri, para penyair banyak yang berpuisi tentang musim gugur.
hujan

Berikut ini beberapa lagu bertemakan hujan yang pantas untuk menemanimu di musim penghujan.

  1. Rain – Breaking Benjamin

Petikan gitar akustik di bagian awal lagu ini bikin sendu. Serasa melihat hujan yang deras mengguyur dari balik jendela.

Rain rain go away,

Come again another day,

All the world is waiting for the sun.

Lirik yang cocok saat kamu memandangi cucianmu yang tak kunjung kering karena hujan terlalu sering berkunjung.

  1. Rain of July – The Monophones

Baiklah, judul lagu ini agak nggak sesuai. Juli kan musim kemarau. Ya, nggak apa-apa. Pak Sapardi menciptakan puisi yang sering dikutip, “Hujan Bulan Juni”. Mungkin itu mempengaruhi The Monophones pilih judul ini, ya karena bulan Juni sudah dipakai oleh Pak Sapardi, jadi mereka pakai bulan Juli. Btw, bulan Agustus belum ada tuh. Anyone?

Lagu one hit wonder The Monophones. aku nggak tahu kabar terakhir band indie asal Jogja ini. Lagu ini ngetop di tahun 2007-an setelah jadi salah satu soundtrack film Catatan Akhir Sekolah. (dududu, aku teringat waktu nonton band ini manggung.

Bunyi instrumen flute pada lagu ini menjadikan lagu ini memorable.

How can I release my pain

All my world will lost in vain

If the rain will not to fall

In the sky of July

  1. The Rains of Castamare –Sigur Ros

Vokal melengking dan menghipnotis milik Jonsi ini mengiringi kematian Jeoffrey Baratheon di The Purple Wedding, GTO. Memang sih The Rains of Castamere nggak cuma dinyanyikan oleh Sigur Ros, band The National juga pernah membawakan lagu pada season sebelumnya.

  1. It’s Raining Outside – Soko

Soko adalah penyanyi Prancis. Aku mengenal lagu-lagu Soko pada tahun 2008-an.

It’s raining outside

I’m crying inside

It’s raining outside

I’m crying inside

  1. Jane and The Rain – Frau

Setelah sebelumnya lagu dari musisi luar negeri, pada nomor lima ini lagu Leilani Hermiasih a.k.a Frau jadi pilihan Lagu-lagu sebelumnya memang cocok untuk didengarkan saat suasana ngelangut bersama deras hujan. Waktunya lagu bernada lebih ceria.

  1. Fox Rain – Lee Sun Hee

Agak lain dari lagu-lagu sebelumnya. Lagu ini berbahasa Korea, soundtrack dari drama My Girlfriend is A Gumiho. Ini salah satu lagu berbahasa korea pertama yang kusukai.

Meski musim hujan, tapi jangan sedih, ngelangut. Bagaimanapun, hujan adalah anugerah. Jangan mengutuk saat hujan. Lebih baik nikmati saja. Buat cokelat panas, mi rebus, dengarkan lagu-lagu di atas.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *