Press "Enter" to skip to content

Kenangan dan Hidup yang Berlanjut

Judul: Cinta Tak Kenal Batas Waktu | Pengarang: Wulan Murti | Penerbit: Senja | 2016

cinta tak kenal batas waktu

Meski setahun telah berlalu, Candra masih saja menyempatkan diri pergi ke Bandung membawa sekeranjang bunga. Menemui seseorang yang masih tinggal di hatinya. Perjalanan yang kerap kali dilakukan Candra untuk mengunjungi kekasihnya.

Pada perjalanan kali ini dia bertemu dengan orang-orang yang menanyakan tujuannya ke Bandung. Dia terganggu dengan berbagai pertanyaan tersebut. Seakan sering menengok makam kekasih adalah perbuatan tercela.

Tujuan Candra kerap ke Bandung sendirian adalah mengunjungi makam Fabian dan mengulang kembali segala kegiatan yang pernah mereka lakukan bersama. Candra belum dapat melupakan sang kekasih meskipun telah setahun berlalu. Dia masih merasa Fabian ada di sampingnya.

Di rumah Fabian, Candra menginap di kamar yang dulu ditempati mendiang Fabian. Candra dihantui kenangan-kenangan selama pertemuan pertama dengan Fabian. Pertemuan pertama mereka pada perlehatan dua tahunan mahasiswa jurusan desain interior se-Indonesia yang saat itu dilaksanakan di universitas Fabian. Pertemuan yang membawa mereka pada hubungan cinta yang mendalam.

***

Candra dan Fabian. Dua orang dari etnis dan agama berbeda namun mengalami hal yang sama, saling jatuh cinta. Berbeda etnis, berbeda agama, terpisah jarak. Itulah kondisi yang dialami oleh Candra dan Fabian.

Saat tahu berpacaran dengan Fabian, Ila, sahabat dekat Candra, mengungkap ketidaksetujuannya.  Namun, pendirian Candra dan Fabian mampu membungkam komentar orang-orang yang meragukan mereka.

***

Joseph, sahabat Fabian, tak habis pikir Candra melakukan hal konyol seperti itu selama ini. Dia mempertanyakan perasaan Candra.

Hidup itu pendek, cinta itu panjang.

Candra menemukan sebuah surat dari Fabian yang membuatnya menyadari tindakan sia-sianya.

Cara untuk mencintai Fabian dan menghargai kenangan bersama bukanlah dengan menutup diri.

Mencintai orang lain tidak lantas membuat Fabian tersisih dari hati Candra.

Candra pun move on. Merengkuh menapaki hidup yang pendek dan merengkuh cinta dalam hidup.

Joseph mempertanyakan perasaan Candra. Dia juga tak habis pikir Candra melakukan hal konyol seperti itu selama ini. Saat itu pula Joseph mengungkapkan perasaannya pada Candra.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *